SURI dan Unand gelar lokakarya digital marketing batik “Iluminasi” Minangkabau

Published by admin on

Lembaga Surau Intellectual for Conservation (SURI) bekerja sama dengan Universitas Andalas (Unand) mengadakan lokakarya “Digital Marketing Hasil Produk Iluminasi untuk Motif Kain Minangkabau” pada 31 Oktober hingga 1 November 2022 di Minangkabau Corner Perpustakaan Unand.

Direktur SURI, Surya di Padang, Selasa mengatakan lokakarya tersebut merupakan rangkaian kegiatan Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) yang dilaksanakan oleh Lembaga SURI dan Program Matching Fund yang dikelola oleh Unand.

“Program ini terdiri dari berbagai kegiatan yaitu pembukaan resmi oleh Kepala BPNB Sumbar dan dilanjutkan seminar nasional, kemudian lokakarya pemanfaatan iluminasi naskah kuno menjadi motif kain. Kemudian lokakarya digital marketing dan ditutup dengan pameran pada Selasa (1/11),” ujarnya.

Lokakarya itu diikuti 30 peserta berkat kerja sama dengan program Matching Fund, yaitu bentuk dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara insan perguruan tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak industri. Program ini digagas oleh Pramono filolog/dosen Unand dengan tema “Produksi dan Komersialisasi Batik Minangkabau Berbasis Naskah Kuno”.

Peserta lokarya terdiri dari pelaku UMKM dan pengrajin batik di wilayah Sumbar, serta mahasiswa dari UNP, Unand, dan ISI Padangpanjang. Pemateri lokakarya yaitu Mujib Masyhudi (Dekranasda Sumbar), Edo Pratama (Desain Web), dan Sani Bismar (City Leader Lazada Club Padang). Peserta tidak hanya dibekali materi, tapi juga praktiknya.

Salah seorang peserta, Dahlia (22) mengungkapkan kegembiraanya dapat mengikuti lokakarya. Sebagai mahasiswa kriya seni, ilmu strategi dan manajemen digital marketing begitu membantunya dalam meningkatkan promosi produk yang dihasilkan.

“Sebagai mahasiswa kriya seni, ilmu digital marketing merupakan stimulus bagi saya agar mampu mempromosikan produk yang dibuat secara unik, kreatif, serta dapat dikenal dan diterima pasar, ” katanya.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas peserta dalam mempromosikan produknya agar menarik dan bernilai jual tinggi dengan seperangkat sistem digital marketing.

Dengan demikian akan berdampak positif terhadap pengenalan ragam ilmuniasi manuskrip bagi masyarakat luas dari hasil produk yang dipromosikan.

Lokakarya ini akan dilanjutkan dengan Pameran Produk Batik Minangkabau Berbasis Naskah Kuno yang akan dibuka untuk umum pada 1-7 November 2022.

Pameran dilaksanakan di ruang pameran Minangkabau Corner dengan menampilkan karya-karya peserta lokakarya FBK SURI 2022. Pameran juga menghadirkan karya-karya dari rumah produksi batik Canting Buana Kreatif Padangpanjang dan Dewi Busana Lunang.

Sumber: Antara (https://sumbar.antaranews.com/berita/537305/suri-dan-unand-gelar-lokakarya-digital-marketing-batik-iluminasi-minangkabau)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *